A. Sejarah Singkat aplikasi MYOB
MYOB dimulai di Australia pada tahun 1991 dan merupakan
salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan
kecil-menengah sampai perusahaan menengah-besar akan sistem manajemen bisnis
(business management systems) yang powerful, mudah dan terjangkau. Banyak
penghargaan diterima oleh jajaran produk MYOB sejak tahun 1991 sampai sekarang.
Sukses ini kemudian berkembang ke seluruh dunia. MYOB pada tahun itu juga
memenangkan 1991 MacWorld Award untuk kategori Best Accounting Software dan
kategori Best Newcomer Software.Tahun 1996, MYOB Inc., terus berkembang dan
bergerak dibawah payung MYOB Limited. MYOB kemudian mengembangkan 6 cabang
untuk meng-cover pemasaran MYOB di seluruh dunia, yaitu MYOB US, Inc., MYOB
Canada Inc., MYOB Australia Pty Ltd., MYOB New Zealand, MYOB UK Ltd. dan MYOB
Asia, yang saat ini terus berkembang dengan munculnya versi khusus negara
lainnya, versi Malaysia adalah yang pertama dia Asia, sebelum munculnya versi
Singapura, Hongkong dan Asia-International, dan sekarang telah lebih banyak
lagi versi negara yang tersedia.
Tahun 1999, saham MYOB Limited mulai diperdagangkan di pasar
saham Australia dan menjadi ‘most successful stock listing’ di Australian Stock
Exchange. Sampai tahun ini MYOB telah terjual sebanyak hampir 1 juta copies
!!!. Di Asia, Perkembangan MYOB mengalami percepatan yang luar biasa dan
diharapkan akan mendekati kecepatan perkembangan penggunaan MYOB di Australia,
Amerika, Eropa, dan region lain di dunia, hal tersebut ditandai dengan
berkembangnya MYOB Asia yang sekarang telah dipecah menjadi MYOB Malaysia, MYOB
Singapura dan MYOB Hongkong.
B. Sistem Pembukuan Terintegrasi,
memberikan efisiensi kerja
MYOB memberikan kemudahan dalam proses administrasi usaha
dengan mengintegrasikan fungsi-fungsi Buku Besar, Keuangan, Pembelian,
Penjualan, Persediaan dan Pengelolaan Relasi, dimulai dari proses input dokumen
dasar sampai pada proses pelaporan. Dengan terintegrasinya fungsi-fungsi Buku
Besar, Pembelian, Penjualan, Keuangan dan persediaan memberikan efisiensi kerja
dengan menghilangkan pengulangan pencatatan transaksi, melalui fungsi-fungsi
yang berbeda, dan memungkinkan ekplorasi data yang maksimal.
C. Otomatisasi Pembukuan
Dalam Program MYOB banyak sekali fungsi yang dapat diatur
untuk mempermudah penggunaan, salah satunya adalah otomatisasi proses pembukuan
dengan menggunakan Link Account (Link Perkiraan Transaksi) yang akan mengambil
alih proses pembukuan mulai dari proses penjurnalan, posting sampai penyusunan
laporan dan proses analisa bahkan fungsi pengendalian operasional. Dengan
adanya otomatisasi pembukuan ini anda tidak perlu lagi untuk melakukan
pembuatan ayat jurnal, melakukan proses posting ke buku besar, melakukan proses
summary dan filtering buku besar untuk menghasilkan laporan-laporan yang anda
inginkan.
Yang anda perlu lakukan dengan menggunakan program ini
adalah hanya melakukan ‘Data Entry’ dari dokumen dasar, proses-proses
berikutnya akan dilakukan MYOB secara otomatis.Jurnal akan dibentuk secara
otomatis, yang kemudian di ‘posting’ ke dalam Buku Besar dan Buku Besar
Pembantu, dan seterusnya sampai pembentukan Laporan Keuangan dan Laporan
Penunjang lainnya.
D.
Integrasi
dengan Microsoft Office
MYOB juga berintegrasi dengan Microsoft Office, sehingga
data/laporan akan dengan mudah dikonversi ke MS Excel untuk diolah lebih lanjut
atau ke format HTML untuk pengiriman yang lebih mudah melalui internet, juga ke
MS word untuk pencetakan surat (Mail Merge).
E. Mendukung penggunaan secara Multi
User
Untuk menunjang Integrated System ini, selain digunakan
secara Single-user, MYOB juga dapat digunakan secara Multi-user, sehingga data
yang di-Input oleh pengguna yang satu, saat itu juga dapat digunakan oleh
pengguna lainnya. MYOB dapat berjalan pada semua jenis jaringan yang populer,
secara Peer to Peer atau Server-Client Network.
F.
Eksplorasi
Database yang maksimal
Dengan modul-modul Analisa, Pencarian Transaksi, Tugas (To
do list) dan Fungsi Laporan dengan fungsi filtering dan designing, MYOB
memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengeksplorasi database yang ada
dan menampilkannya dalam beragam format seperti : Laporan (MYOB/Excel/dll.),
Form Faktur/PO, Analisa Grafis, dll. Dengan adanya modul-modul tersebut di
atas, MYOB selain membantu penggunanya dalam meningkatkan efisiensi dan
simplifikasi kerja, juga dalam fungsi pengendalian operasional perusahaan.
G. Kelebihan dan Kelemahan MYOB
Kelebihan MYOB :
1. User
friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai
pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
2. Tingkat
keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
3. Kemampuan
eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor
file yang merepotkan.
4. Kemampuan
trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
5. Dapat
diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
6. Menampilkan
laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan
dalam bentuk grafik.
7. Adanya
fitur backup dan restore data serta compact database yang memungkinkan database
terpelihara dengan baik.
8. Mempermudah
Anda mengambil keputusan. Karena dapat menampilkan atau menyediakan laporan
kepada pengguna kapanpun dibutuhkan. Sehingga jangan karena Laporan Anda
Terlambat, Bisnis Anda Terhambat.
9. Fitur
Customer Feedback, customer dapat mengajukan saran – saran yang kemudian akan
direalisasikan pada software FINA versi lebih lanjut.
10. Adanya
penggunaan periode ketigabelas (tak selamanya angka 13 itu sial). Yang
memungkinkan pengguna lebih valid dalam membuat laporan keuangan akhir tahun.
Kelemahan
MYOB :
1. tidak ada
file backup otomatis - harus dilakukan manual
sumber :
sumber :
2. Database
MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi
laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif
sulit.
3. MYOB
merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan
didalamnya.
4. Tidak ada
module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk
mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi
5. Tidak ada
module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul
untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi
6. Kelemahan
Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif
sulit dikelola di dalam MYOB.
7. Tidak
dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya
laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan
MYOB.
8. database
MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk
transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan
server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data lebih
realistis.
9. penjualan
item, harga peritem hanya bisa di bawah 1M, fungsi pelaporan tidak sebaik
DacEasy. (perlu dicek kebenarannya).
10. Belum
mendukung multi gudang.
Kekurangan MYOB :
a. Untuk
penjualan item, harga peritem hanya bisa di bawah 1M, fungsi pelaporan tidak
sebaik DacEasy.
b. Dibutuhkan
kejelian tinggi untuk memposting akun agar tidak tertukar dengan akun lainnya
c. Format
Neraca masih menggunakan standar Australia. Neraca yang ditampilkan adalah Aset
– Kewajiban = Net Asset (Modal)
0 komentar:
Posting Komentar